Friday 6 February 2015

Air Mata Mutiara


Pada suatu hari seekor anak kerang di dasar laut mengadu dan mengeluh pada ibunya
sebab sebutir pasir tajam memasuki tubuhnya yang merah dan lembek.

"Anakku," kata sang ibu sambil bercucuran air mata, "Tuhan tidak memberikan pada kita,
bangsa kerang, sebuah tangan pun, sehingga Ibu tak bisa menolongmu."

Si ibu terdiam sejenak, "Sakit sekali, aku tahu anakku. Tetapi
terimalah itu sebagai takdir alam. Kuatkan hatimu. Jangan terlalu lincah lagi.
Kerahkan semangatmu melawan rasa ngilu dan nyeri yang menggigit. Balutlah pasir
itu dengan getah perutmu. Hanya itu yang bisa kau perbuat", kata ibunya dengan
sendu dan lembut.

Anak kerang pun melakukan nasihat bundanya. Ada hasilnya, tetapi rasa sakit bukan
alang kepalang. Kadang di tengah kesakitannya, ia meragukan nasihat ibunya.
Dengan air mata ia bertahan, bertahun-tahun lamanya. Tetapi tanpa disadarinya
sebutir mutiara mulai terbentuk dalam dagingnya. Makin lama makin halus. Rasa
sakit pun makin berkurang. Dan semakin lama mutiaranya semakin besar. Rasa sakit
menjadi terasa lebih wajar.

Akhirnya sesudah sekian tahun, sebutir mutiara besar, utuh mengilap, dan berharga mahal
pun terbentuk dengan sempurna. Penderitaannya berubah menjadi mutiara; air
matanya berubah menjadi sangat berharga. Dirinya kini, sebagai hasil derita
bertahun-tahun, lebih berharga daripada sejuta kerang lain yang cuma disantap
orang sebagai kerang rebus di pinggir jalan.

Pesan moral:

Cerita di atas adalah sebuah paradigma yg menjelaskan bahwa penderitaan adalah lorong
transendental untuk menjadikan "kerang biasa" menjadi "kerang luar biasa".
Karena itu dapat dipertegas bahwa kekecewaan dan penderitaan dapat mengubah
"orang biasa" menjadi "orang luar biasa".

Banyak orang yang mundur saat berada di lorong transendental tersebut, karena mereka
tidak tahan dengan cobaan yang mereka alami. Ada dua pilihan sebenarnya yang
bisa mereka masuki: menjadi `kerang biasa' yang disantap orang, atau menjadi
kerang yang menghasilkan mutiara'. Sayangnya, lebih banyak orang yang mengambil
pilihan pertama, sehingga tidak mengherankan bila jumlah orang yang sukses lebih
sedikit dari orang yang `biasa-biasa saja'.

Mungkin saat ini kita sedang mengalami penolakan, kekecewaan, patah hati, atau terluka
karena orang-orang di sekitar kamu cobalah utk tetap tersenyum dan tetap
berjalan di lorong tersebut, dan sambil katakan di dalam hatimu... "Airmataku
diperhitungkan Tuhan.. dan penderitaanku ini akan mengubah diriku menjadi mutiara."

 
http://goo.gl/Tbddva

Perjuangan Revita
Nama gue Revita, gue tinggal di Jakarta Selatan. Sekarang gue sekolah di salah satu sekolah favorit dan terkenal di Jakarta, yaitu SMA Negeri 1, gue baru masuk tahun kemarin.

Malam minggu ini gue seperti biasa menghabiskan waktu dengan membaca dan membaca. Entah itu pelajaran, komik, ataupun novel. Kalau gak ngebaca ya gue sibukin diri untuk di depan komputer, ataupun berlatih main gitar. Yang penting gue gak ke luar rumah. Awalnya sih bisa dibilang bad mood banget di rumah terus-terusan. Tapi kalau udah terbiasa sih enak aja kok.

Dari gue kelas 2 SMP, gue gak boleh main yang gak jelas sama keluarga gue, yaa bisa dibilang gue dilarang main terus-terusan. Ada waktu buat main dan ada waktu buat belajar. Tapi main juga harus sewajarnya. Awalnya gue tuh ngerasa kesiksa kayak gini terus. Pasti lo pengen tau kan kenapa gue bisa kayak gini? nih ceritanya.

Dulu waktu gue masih duduk di kelas 1 SMP, gue hobi banget yang namanya main, hunting, ngumpul sama temen-temen. Biasanya gue sehabis pulang sekolah suka ke Mall, Main billiard, karaokean bareng temen-temen, hunting ke tempat yang bagus. Kerjaannya gitu-gitu aja.

Mungkin cara main gue udah dianggap jelek. Waktu gue SMP bisa dibilang gue tuh nakal banget, tapi gue rasa nakalnya gue gak lebih dari ini, dan masih ada batasnya. Banyak teman-teman gue yang cara mainnya udah diluar batas.

Akhrinya gue dimarahin abis-abisan sama keluarga gue, keluarga gue ngelarang main sewaktu pulang sekolah, terus kalau main sewajarnya, dan blablablaaa.

Dan yang paling gue heranin itu gue GAK BOLEH PACARAN DULU.

Gue boleh bergaul sama cowok tapi ada batasnya juga. So, kalau sering bergaul sama cowok bakal bahaya di diri gue sendiri. Gue heran sama keluarga gue, kenapa mereka pada gak bolehin gue pacaran? kenapa sih? Aneh.

Gue ngerasa dipenjara! Ga adil, semua stupid! Gak ngerti zaman apa? jangan samain gue dengan zaman kalian dong arghh!!! Gue kesel sendiri jadinya. Bayangin aja deh… Pulang sekolah langsung pulang, terus tidur, bangun tidur gue harus ikutan les, ngaji, ekskul di sekolah, latihan musik, dan malamnya belajar. Bayangin dari senin sampe seninnya lagi!! Mana ada waktu buat main coba? malam minggu aja gue gak boleh main. Gue juga pengen kayak anak lain, yang seru-seruan bareng temen. Tapi bagi gue itu mustahil banget!

Hari demi hari, waktu pun begitu cepat berlalu, sampe akhirnya gue ngejalanin ini dengan berusaha biar gue ikhlas jalaninnya. Kadang gue suka nangis sendiri, kenapa hidup gue harus gini? apa gue gak boleh bahagia kaya yang lain? entahlah…

Semua kakak gue daftarin gue buat les musik lah, latihan gitar, latihan menjahit, dan gue disuruh ikutan ekskul. Pokoknya buat hidup gue sesibuk mungkin.

Cape… Cape banget!

Gue ngejalanin dengan berat hati. Tapi lama-lama gue terbiasa juga… Dan akhirnya pertanyaan yang dulu terjawab sudah… Setelah gue ngejalanin penyiksaan ini, walaupun gue gak terlalu ikhlas jalaninnya, yang lama-lama gue pun ikhlas. Hasilnya bikin gue nangis, terkejut, bangga dan campur aduk!

Selesai Ujian Nasional gue ambil hasilnya bareng mama.. Berjam-jam gue nunggu hasilnya, deg-degan hati gue Karena takut kecil nilainya dan macem-macem. Soalnya keluarga gue mau, kalau gue masuk ke sekolah negeri yang bagus. Yang bikin masa depan gue nanti bakal bikin bahagia.

Lamaaaa banget nunggu nama gue dipanggil, teman-teman gue hampir semuanya udah dipanggil. Ada yang nangis, sedikit bahagia, kecewa dan lain lain. Mama yang dari tadi nunggu sambil netesin airmata, dan mulutnya yang sambil berkomat kamit bertanda lagi berdoa.. Gue pun ikutan berdoa di dalam hati, memohon yang terbaik…

Dan akhirnya nama gue pun dipanggil. Asli kaget banget! Muka gue langsung merah, dan pas gue ambil sebuah amplop tangan gue pun bergetar..

Bismillah… *Membuka Amplop

Gue cepet-cepet lihat nilai yang dibawah dan…

Waaaawww it’s amazing!!! Alhamdulillah, Nilai NEM gue tinggi!

38,60 meenn!!! Alhamdulilaah, nilainya gak buat kecewa..

Akhirnya gue nangis senangis-nangisnya, gue bangga! Bangga banget! Mama yang juga ikutan nangis bangga dan terharu mungkin.. Sambil meluk gue juga, dan mama bilang “mamah bangga sama kamu de”
Yes! Thanks God, gue udah bisa buat mama nangis bangga…

Yang paling mengagumkan itu ternyata NEM gue paling tinggi di sekolah, dan gue jadi Ratu di sekolah, mendadak terkenal dan disegani sama guru-guru.. Disana gue foto bareng guru-guru buat kenangan di sekolah, dan seru-seruan bareng teman-teman… Akhirnya gue bisa ngerasain beginian, selama ini gue baru ngerasain bahagia yang gak terhitung harganya..

Setelah berjam-jam di sekolah, akhirnya gue pulang.. Dan sebelum gue pulang, gue dikasih selamat dan dapat support dari guru..
“Revita, selamat ya sayang atas hasil kerja keras kamu selama ini, jangan mudah menyerah, tetap berjuang untuk masa depan revita, lakukan yang terbaik untuk dunia, tunjukkan ke dunia bahwa revita BISA! Jangan pernah putus asa apapun yang kamu dapatkan. Kalau sukses, jangan pernah sombong. Harus selalu ingat sama guru, sekolah dan masyarakat yang pernh revita kenal. Dan jangan lupa berdoa dan beribadah ya. Ibu bakal kangen banget sama revita deh, Ini ibu kasih kenang-kenangan buat revita” *NgasihKado, Pesan dari guru gue yang paling cantik, baik dan asik. Gue lebih deket sama guru ini…
“Aaaa ibuuu makasih banyak bu supportnya, Siap! Revita bakal inget selalu pesan ibu cantik” Canda gue.

Sepulang dari sekolah, dan have fun bareng teman dan guru-guru. Waktunya gue pulang, terus tadi itu mama langsung pulang, katanya sih ada perlu. Jadi, terpaksa gue pulang sendiri. Waktu gue nyampe rumah, ada sebuah bungkusan kado yang besaaar banget. Gue bingung.. Hari ini di keluarga gue kan gak ada yang ulangtahun, kok ada kado segala sih? Terus juga kenapa ini rumah gak ada orang satu pun?. Pas gue buka pintu rumah dan…
Dooooorrr *BalonDipecahin
Gue pun terkejut. Ternyata keluarga gue kasih surprize buat gue hadiah hasil usaha gue selama ini..
“Selamat ya adik tersayang atas usaha vita, kakak bangga sama kamu” Kata kakak gue yang perempuan.
“Kita semua kasih hadiah teristimewa buat adik, coba adik buka” Kata kakak cowok gue yang pertama.

Akhirnya gue pun membuka bungkusan kado yang besaaar dan mewah yang berwarna pink kesukaan gue. Pas gue bukaa ternyata hadiahnya itu SEPEDA GUNUNG UNITED
Waaahhh Oh May God gue senenggg bangeeettt..
Akhirnya sepeda gunung itu gue dapetin sekarang! Bayangin, gue ngumpulin uang dari SD buat beli itu tapi gak kesampean aja..
Sepeda itu berwarna putih tulang, pokoknya keren banget deh.

“Makasih banyak mah, a, teh akhirnya sepeda yang vita tunggu-tunggu tercapai juga” Kata gue.
Gue pun nangis, udah gak kuat buat nahan air mata ini, saking bahagia, terharu dan bangganya hari ini

Gue pun mengusap airmata gue, dan gue mau coba sepeda baru gue dengan keliling rumah…

Gue bangga punya keluarga yang sangat sayang banget sama gue, sebegitu pedulinya mereka sama masa depan gue. Gue sadar…

Membuang-buang waktu sangat merugikan bagi gue dan masa depan gue..

Apalagi dengan cara have fun yang gak karuan bareng teman.

Gak ada yang ngelarang buat gue main, tapi memang ada waktunya buat main.

Lebih baik isi waktu gue dengan hal-hal positif.

Awalnya memang gue bener-bener mood breaker bisa begini, tapi lama-lama gue terbiasa seperti ini..

Gue sadar, dengan gue memanfaatkan waktu dengan baik, gue bisa dapetin apa yang gue mau.

Dan apa yang belum pernah gue dapetin, sekarang gue udah dapetin semuanya.

Yang perlu kalian inget adalah “Manfaatkan waktu remaja, Jangan pernah sia-siakan waktu dan kesempatan, tetap berdoa kepada Tuhan Yang Maha kuasa, Niatkan usaha kalian, dan harus PERCAYA DIRI”

 http://goo.gl/rBmEZa

Share this

Tag : , ,

0 Comment to "Air Mata Mutiara"

Post a Comment