Saturday 5 September 2015

Koneksi Internet WiFi Pada Linux

Wi-Fi (di baca waifai, juga ditulis Wifi atau WiFi) adalah sebuah teknologi terkenal yang memanfaatkan peralatan elektronik untuk bertukar data secara nirkabel (menggunakan gelombang radio) melalui sebuah jaringan komputer, termasuk koneksi Internet berkecepatan tinggi.

Teknologi internet berbasis Wi-Fi dibuat dan dikembangkan sekelompok insinyur Amerika Serikat yang bekerja pada Institute of Electrical and Electronis Engineers (IEEE) berdasarkan standar teknis perangkat bernomor 802.11b, 802.11a dan 802.16. Perangkat Wi-Fi sebenarnya tidak hanya mampu bekerja di jaringan WLAN, tetapi juga di jaringan Wireless Metropolitan Area Network (WMAN).

Secara teknis operasional, Wi-Fi merupakan salah satu varian teknologi komunikasi dan informasi yang bekerja pada jaringan dan perangkat WLAN (wireless local area network).Sebuah alat yang dapat memakai Wi-Fi (seperti komputer pribadi, konsol permainan video, telepon pintar, tablet, atau pemutar audio digital) dapat terhubung dengan sumber jaringan seperti Internet melalui sebuah titik akses jaringan nirkabel atau hotspot. Titik akses (atau hotspot) seperti itu mempunyai jangkauan sekitar 20 meter (65 kaki) di dalam ruangan dan lebih luas lagi di luar ruangan. Cakupan hotspot dapat mencakup wilayah seluas kamar dengan dinding yang memblokir gelombang radio atau beberapa mil persegi.WiFi bisa di kases tanpa harus menggunakan username SSID dan password sebagai titik aksesnya ada juga yang harus memakainya.


Saat ini, banyak sekali terdapat tempat-tempat umum atau perkantoran yang menerapkan jaringan melalui teknologi wireless LAN atau yang sering dikenal dengan istilah hotspot. Dengan jaringan seperti ini, tidak perlu lagi direpotkan dengan penggunaan kabel karena jaringan ini menggunakan gelombang microwave seperti jaringan GSM Handphone .Dan yang terpenting adanya device atau perangkat penerima WiFi pada komputer atau perangkat lainnya yang di miliki anda.Perangkat perangkat WiFi yang bisa di aplikasikan pada komputer anda adalah Wifi USB Adafter,Wifi Card , WiFi Dock,MiFi dan lain sebagainya.

Untuk melakukan koneksi Internet melalui hotspot, sangat mudah sekali. Jika kartu jaringan tanpa kabel (WiFi) sudah terdeteksi dengan baik oleh komputer Linux anda.Cukup klik pada ikon dua komputer pada task bar, kemudian pada bagian Jaringan Nirkabel,misalnya jaringan Andromax AD6B1H yaitu hotspot dari smartphone Andromax .Pilih nama jaringan hotspot (jaringan Andromax AD6B1H) yang akan dikoneksikan dan klik,setelah itu masukan kata kuncinya bila jaringannya terkunci. Tidak beberapa lama kemudian, koneksi akan langsung terjalin.Bila ternyata tidak terjalin koneksi atau tidak terdeteksi adanya jaringan WiFi, pastikan komputer anda mempunyai atau terpasang perangkat WiFi.Setelah itu anda perlu menyetel jaringan WiFi secara manual.








Langkah meyetel jaringan WiFi
Langkah pertama anda klik ikon dua buah komputer pada bars di pojok kanan atas.

Langkah kedua anda cari menu sunting sambungan atau sambungan VPN,lalu klik Menata VPN seperti yang telah saya jelaskan pada artikel sebelumnya di (http://www.jhangsoen.com/2015/09/koneksi-internet-os-linux-dengan-modem.html)

Langkah ketiga setelah keluar jendela Sambungan Jaringan anda klik tombol tambah

Langkah ke empat setelah keluar jendela baru pilih tipe koneksi ,klik pada kolom yang ada tanda panah ke bawah lalu pilih Wi-Fi dan klik Buat atau lanjutkan.

Langkah kelima setelah berada pada jendela penyetelan /penyuntingan Wi-Fi anda harus menyetel beberapa setelan diantaranya :

Pada Tab Umum
Ceklis cekbox Otomatis tersambung ke jaringan ini bila tersedia
Ceklis cekbox Semua pengguna boleh menyambung ke jaringan ini
Pada Tab Wifi
Pada kolom SSID anda isikan username SSID jaringan yang tersedia misalnya Andromax AD6B1H ,ini jaringan hotspot yang di sediakan dari smartphone Andromax
Pada Tab Keamanan WiFi
Anda klik pada kolom keamanan pilh WPA&WPA2 Personal
Lalu isikan password pada kolom sandi ,catatan ini bila Jaringan ini terkunci yang di tandai dengan ikon garis vertikal bertingkat dengan kunci gembok.
Pada Tab Tatanan IPv4 
Metode yang di gunakan biarkan default (Otomatis)
Pada Tab Tatanan IPv6
Metode yang digunakan biarkan default (Otomatis) 

Langkah Ke enam anda klik simpan pada jendela penyetalan Pada jendela sambungan jaringan sudah tertulis WiFI lalu anda klik tutup.

Langkah ke tujuh anda klik ikon dua buah komputer  lalu klik pada menu jaringan Andromax AD6B1H .Koneksi Internet Wifi pun tersambung dengan berubahnya ikon dua buah komputer menjadi garis vertikal bertingkat.

Hal ini telah saya buktikan dan tersambung dengan baik tanpa ada masalah. Bilapun ada masalah ,masalahnya adalah jangkauan area hotspot WiFi tidak tersedia atau jauh.Anda bisa menambah jangkauan Perangkat penerima WiFi ini dengan menggunakan bantuan antena WiFi yang bisa menjangkau atau menembaknya dengan jarak satu kilometer persegi atau lebih.Dengan bantuan antena ini anda akan banyak mendapat keuntungan.Seperti Akses WiFi gratis Dari WiFi ID ataupun dari Hotspot WiFi lainnya.

Dengan Koneksi Internet Wifi ini juga menjadi solusi sebagai pengganti modem yang sulit terdetek di komputer Linux khususnya modem CDMA yang sering banyak mengalami kendala. Anda bisa membuka hotspot dari smartphone anda dan mengoneksikannya pada komputer anda lewat perangkat WiFi anda.Anda pun masih bisa menggunakan modem CDMA anda dengan bantuan WiFi Dock TP-Link TL-MR3020,untuk Username SSID dan passwordnya ada pada sisi body WiFi Dock.Kelebihan dari WiFi Dock TL-MR3020 yaitu perangkat ini bisa menangkap jaringan WiFi seperti halnya WiFi USB Adafter,Bisa membuka jaringan WiFi atau Hotspot,bisa menggunakan modem GSM atau CDMA , bisa menggunakan ADSL sebagai koneksi Internetnya.


Demikian tadi sedikit penjelasan tentang WiFi dan langkah langkah penyetalan Koneksi Internet WiFi Di Linux untuk berbagi dengan anda .

Share this

Tag : , , , , ,

1 Response to "Koneksi Internet WiFi Pada Linux"

  1. Keren gan, dan mantap terus berkarya semoga webnya semakin maju dan memberikan manfaat.
    (kang lizn/lisin1983)

    ReplyDelete