Thursday 10 September 2015

Koneksi Internet Kabel LAN Pada Linux

Koneksi internet kabel lan adalah suatu jaringan internet Dial-Up, ADSL ,Wi-Fi ,dll yang tesambung pada sebuah komputer dan di sambungkan lagi dengan beberapa komputer dengan sambungan kabel pada ruang lingkup yang kecil.

Jaringan wilayah lokal (bahasa Inggris: local area network biasa disingkat LAN) adalah jaringan komputer yang jaringannya hanya mencakup wilayah kecil; seperti jaringan komputer kampus, gedung, kantor,warnet, dalam rumah, sekolah atau yang lebih kecil. Saat ini, kebanyakan LAN berbasis pada teknologi IEEE 802.3 Ethernet menggunakan perangkat switch, yang mempunyai kecepatan transfer data 10, 100, atau 1000 Mbit/s. Selain teknologi Ethernet, saat ini teknologi 802.11b (atau biasa disebut Wi-fi) juga sering digunakan untuk membentuk LAN. Tempat-tempat yang menyediakan koneksi LAN dengan teknologi Wi-fi biasa disebut hotspot.

Pengkabelan jaringan wilayah lokal generasi awal berbasis pada berbagai variasi kabel koaksial. Kabel terpilin berpelindung digunakan pada penerapan jaringan lokal Token Ring IBM. Tahun 1984, StarLAN memamerkan potensi yang lebih sederhana dari kabel terpilin tanpa pelindung menggunakan kabel kategori 3 (Cat3) yang sama dengan kabel yang dipergunakan untuk sistem telepon. Sistem ini sukses memimpin pengembangan 10Base-T dan kabel tersusun masih menjadi dasar banyak jaringan lokal komersial saat ini. Sebagai tambahan, kabel serat optis semakin banyak dipergunakan dalam aplikasi komersial.

Ketika kabel tidak selalu memungkinkan, jaringan tanpa kabel Wi-Fi sekarang sangat umum dipergunakan di perumahan dan tempat lain untuk kepentingan perangkat bergerak ringan.


Selama periode yang sama, Workstation UNIX buatan Sun Microsystems, Hewlett-Packard, Silicon Graphics, Intergraph, NeXT dan Apollo Computer menggunakan jaringan berbasis TCP/IP. Meskipun pangsa pasarnya sekarang sudah banyak berkurang, teknologi yang dibangun disini melanjutkan pengaruhnya di Internet juga jaringan Linux dan Apple Mac OS X. Protokol TCP/IP kini hampir sepenuhnya menggantikan IPX, AppleTalk, NetBIOS Frames Protocol dan protokol lain yang digunakan pada jaringan wilayah lokal komputer pribadi generasi awal.

Untuk menyambungkannya anda perlu melalui socket kabel RJ 45 atau yang lainnya khusus sambungan LAN.Yang sudah tersedia pada setiap PC atau Lepi,bila tidak ada anda perlu menambahkan LAN Card sebagai solusinya. Dan di pasangkan pada slot bus PCI pada PC anda.

Fungsi LAN card adalah untuk menghubungkan antara komputer satu dengan beberapa komputer yang lainnya dalam sebuah jaringan LAN (Local Area Network), melalui LAN ini setiap komputer dapat saling tukar-menukar data maupun seperti mengakses perangkat keras misalnya printer, tentu saja fungsinya untuk dapat saling bertukar informasi antar komputer yang satu dengan yang lainnya.

LAN Card menghubungkan komputer ke jaringan, baik lokal maupun asing. LAN Card biasanya terhubung ke motherboard komputer melalui port serial. Ada varietas lain yang terhubung melalui SATA, eSATA atau port USB.
Hampir semua LAN card yang dirilis hari ini memiliki kemampuan radio nirkabel. Ini dikenal sebagai modul WLAN. Mereka memungkinkan komputer untuk terhubung ke jaringan tidak hanya melalui kabel internet RJ-45 tetapi juga melalui sinyal jaringan nirkabel 802.11. Kemampuan kecepatan masing-masing LAN bervariasi tergantung spesifikasinya. Beberapa LAN card memiliki kecepatan 10/100 mbps, sementara yang lain 10/100/1000, yang berarti bahwa mereka dapat mengakses hingga kecepatan jaringan satu gigabit.

Di pasaran umumnya terdapat 2 (dua) jenis NIC (Network Interfac Card), antara lain:
  • NIC yang bersifat Fisik adalah Token Ring, NIC Ethernet, dan sebagainya. Pada umumnya kartu jaringan berupa kartu yang dapat ditancapkan atau dipasangkan ke dalam sebuah slot pada Motherboard atau mainboard komputer, yang dapat berupa kartu dengan Bus PCI, MCA ataupun PCIE. Selain berupa kartu-kartu yang ditancapkan pada motherboard, NIC fisik juga dapat berupa suatu kartu eksternal yang dimana kartu dengan BUS USB, PARAREL, PCMCIA, SERIAL, EXPRESS CARD sehingga dapat meningkatkan mobilitas (bagi pengguna mobile).Kartu Network Interfac Card fisik, terbagi menjadi 2 (dua) jenis, meliputi :
  • Kartu NIC (Network Interfac Card) dengan Media jaringan yang spesifik (Media-Spesifik NIC) yaitu yang membedakan kartu NIC menjadi beberapa jenis berdasarkan media jaringan yang dipakai. Misalnya NIC Ethernet yang dapat berupa Twisted-Pair (UTP atau STP), Thinnet atau Thicknet ataupun bahkan tanpa kabel yang disebut Wireless Ethernet.

NIC (Network Interfac Card) dengan arsitektur jaringan yang spesifik (Architecture-Specific NIC) yaitu yang membedakan Kartu Jaringan menjadi beberapa janis, sesuai denga arsitektur jaringan yang dipakai. Misalnya Token Ring, Ethernet, serta FDDI (Fiber Distributed Data Interface) yang semuanya menggunakan NIC yang berbeda-beda. NIC Ethernet dapat berupa Ethernet 10 Megabit/Detik, 100 Megabit/Detik, 1 Gigabit/ Detik ataupun 10 Gigabit.


Jaringan area lokal LAN yang tersedia pada sistem linux memungkinkan mengakses dan mengatur file bersama PC windows ,UNIX sistem dan printer.

Untuk melakukan koneksi internet melalui kabel, cukup sambungkan kabel RJ-45 dari jaringan LAN Anda ke LAN Card atau NIC yang ada di komputer Anda. Jika muncul pesan bahwa sambungan sudah terjalin pada area notifikasi, berarti komputer telah sukses bergabung dengan jaringan tanpa masalah.

Jika koneksi ternyata gagal, berarti tempat Anda menerapkan pengaturan jaringan secara manual. Untuk itu, Anda perlu menyetel pengaturan jaringan pada komputer Anda terlebih dahulu.

Langkah menyetel LAN 

Langkah pertama, klik kanan pada ikon dua buah komputer pada area notifikasi,kemudian klik menu Menata VPN.

Langkah kedua bila anda sudah berada pada jendela Sambungan Jaringan,biasanya sudah tersedia Ethernet .Klik pada panah Ethernet akan terbuka 'koneksi ethernet 1' dan klik 'sunting'.Bila tidak ada anda klik tombol tambah  pilih Ethernet dan klik buat ! Ini tersedia pada Linux Blankon dan Ubuntu serta rasa rasa Ubuntu lainnya keluaran 2013.


Langkah ketiga bila sudah terbuka jendela Menyunting koneksi ethernet 1anda bisa mengubah nama sambungan atau biarkan saja default .

Langkah ke empat klik pada 'tab umum' centang box ceklis kesatu dan kedua , pada 'tab ethernet' isikan pada kolom pilihan alamat MAC saja disitu sudah tersedia dan jangan di rubah .Lalu klik pada 'tab IPv4' pada kolom pilihan Metode pilih 'atur sendiri' kemudian klik tombol tambah untuk menambah setting IP jaringan. Isilah Alamat, Netmask,dan Gateway sesuai dengan pengaturan jaringan di tempat Anda. Misalnya :
Alamat : 192.168.2.100   Netmask : 255.255.255.0  Gateway : 192.168.2.100


Kemudian, isi kotak teks DNS Servers dengan nomor IP dari DNS Server di Internet. Anda bisa menanyakan bagaimana pengaturan jaringan di tempat Anda kepada administrator jaringan di tempat Anda.Misalnya IP DNS server adalah 8.8.8.8 dan biasanya sama !

Beri tanda centang pada Tersedia untuk semua pengguna jika Anda menghendaki pengguna lain dapat menyambung dengan jaringan ini.Anda akan ditanyakan password root. Masukkan saja password root lalu klik tab Keamanan 802.1x lalu klik otentikasi dan isikan username dan pasword dan centang semua cekbox. Setelah semua pengaturan selesai, klik tombol Simpan.

Langkah ke lima untuk menghubungkan pada komputer lain kembali pada langkah kedua dan klik tombol tambah .Setelah ada di jendela Menyunting koneksi ethernet2 ganti nama sambungan dengan Sharing ,pada pengisian Alamat MAC harus sama dengan dengan sambungan ethernet 1,pada tab umum ceklis pada cexbox pertama dan kedua ,pada tab IPv4 pilih metode berbagi dengan komputer lain.

Demikian tadi sedikit ulasan tentang koneksi internet kabel LAN dan langkah langkah penyetelannya ,semoga bermanfaat .

Share this

Tag : , , , ,

0 Comment to "Koneksi Internet Kabel LAN Pada Linux"

Post a Comment