Friday 5 September 2014

INSTAL LINUX BLANKON 9.0 SUROBOYO


Apa itu BlankOn 9.0 Suroboyo ( http://www.blankonlinux.or.id/), apakah film atau peci gitu? Itu pertanyaan bagi yang betul betul awam/tidak tahu sama sekali.BlankOn adalah suatu sistem operasi [OS] komputer bebas terbuka
yang berbasis Kernel Linux.Dan BlankOn itu sendiri berarti dari Blank /buta berarti nol menjadi ada nilainya yaitu On atau dengan kata lain dari awam menjadi tahu.Jenis OS ini adalah Open source{bebas Terbuka} dan bebas untuk di sedot dan menjualnya tanpa Lisensi Key Aktifasi ,dan tidak perlu takut kena tuntutan kecuali anda mencuri filenya dari rumah tetangga atau yang lainnya!
Anda bisa menyedotnya langsung dari situs BlankOn ataupun di depo mirrornya serta bisa membelinya di distro distro linux yang ada di online maupun offline dengan harga puluhan ribu rupiah.

Mungkin bagi awam yang tahu OS komputer itu hanya Windows yang memang telah memasyarakatsejak dahulu di dalam maupun luar negeri.Apa perbedaan dari linux BlankOn dan Windows?Telah saya katakan di atas tentang BlankOn sedangkan windows adalah Os komputer yang tertutup dan memerlukan key aktivasi untuk updatenya sebagai identitas aslinya apa tidaknya[bajakan].

Ini sedikit kutipan dari BlankOn :

“Proyek BlankOn dengan banggamempersembahkan rilis ke-9 dengan nama kode Suroboyo. Rilis kali inidengan dukungan perangkat keras lebih banyak dan terbaru sehinggapengguna tidak perlu repot memasang penggerak (driver) untukperangkat kerasnya. Rilis ini juga terdapat penambahan fitur sertaaplikasi baru di dalamnya dengan harapan para pengguna bisa lebihmudah dalam menggunakannya”

“Anda bisa segera memainkan musik, memutar video dan berkas multimedia sesaat setelah BlankOn terpasang tanpa harus memasang aplikasi lanjutan. Semua sudah tersedia”

Konfigurasi perangkat keras untuk dapat menjalankan BlankOn 9.0 Suroboyo dengan nyaman adalah :
  • CPU 1 GHz, tersedia dalam i386 dan amd64
  • RAM 1 GB
  • Ruang hard disk 15 GB
  • VGA 256 MB
Konfigurasi Minimal adalah :
  • CPU/Prosesor 1 GHz
  • RAM 1 GB
  • Ruang Hard disk 8 GB
  • VGA 128 MB
Untu yang sangat nyamannya lebih dari yang di tulis di atas
Sekarang saya jelaskan tutor Instalnya :
 1. Jalankan komputer lalu tekan berulang2 F2/Delete di Keyboard untuk masuk bios
 2.Setelah masuk bios ,masukan CD/DVD BlankOn
 3.Lalu scrol ke Boot
 4.Setelah berada di di boot pilih boot device tekan enter,pilih CD/DVD>enter
  5.Lalu tekan esc buat balik manager bios ,lalu tekan F10 /scrol ke Exit >enter lalu pilih 'ok'
Dalam hal ini saya memakai komputer berbasis Asrock,jadi untuk biosnya tergantung dari merk komputernya sendiri.
Setelah itu komputer akan restar sendiri dan booting dari CD/DVD biarkan hingga mucul gambar seperti di bawah ini :
 
Selanjutnya anda tinggal pilih mau pasang atau mau lihat dulu tampilannya.Untuk coba dulu tanpa memasangnya anda tinggal klik 'gunakan sebagai live cd'.Dan untuk memasangnya langsung klik tombol merah 'instal blnkon /pasang blankon'. Tetapi anda harus memilih format bahasa yang anda gunakan ,dan zona waktunya dulu setelah itu anda tinggal klik live cd atau instal.

Jika anda pilih 'live cd' maka anda akan langsung ke destop BlankOn.Tapi bila anda pilih 'instal' BlankOn anda akan di arahkan ke halaman seperti gambar di bawah ini :

 
Lalu anda pilih Diska atau partisi mana yang akan di pasang BlankOn,tentunya kalo Harddisk anda belum terpasang sistem OS manapun ,anda tinggal klik partisi urutan pertama lalu klik lanjutkan.
Selanjutnya anda akan akan di bawa ke halaman seperti di bawah ini :

 
Setelah itu anda akan di bawa ke ringkasan instalasi ,lalu klik lanjutkan,Lalu akan muncul halaman seperti di bawah ini :

Anda tinggal isikan dari kolom pertama hingga akhir semau anda,Lalu klik lanjutkan.Dan selanjutnya pemasangan akan di lakukan seperti di bawah 
ini :

Terus tinggal tunggu hingga gambar seperti di bawah ini muncul :

 
Selanjutnya anda tinggal pilih kolom sebelah kanan dan klik komputer akan restar sendiri dan CD/DVD BlankOn akan keluar sendirinya lalu keluarkan CD/DVD nya dari perangkat pemutar CD.Setelah itu komputer akan restar secara penuh setelah pemutar CD ditutup tanpa CD/DVDnya.
Setelah itu anda tinggal masuk dengan akun yang tadi anda buat seperti gambar di bawah :

Dan masuklah anda ke desktop BlankOn anda...........



Saat posting artikel ini saya pake OS BlankOn yang saya intal ini......

Share this

Tag : , , , ,

0 Comment to "INSTAL LINUX BLANKON 9.0 SUROBOYO"

Post a Comment