Sunday 30 July 2017

Melahirkan Dengan Mudah,Dengan Cara Hypno-Birthing

Melahirkan Dengan Mudah dengan cara Hypno-Birthing


Beberapa hari lalu rekan aku menghubungi aku dan bertanya perihal hypnobirthing. Inti berasal dari pertanyaan rekan aku ini adalah apakah benar seorang wanita mampu melahirkan tanpa rasa sakit? Apakah hipnosis mampu digunakan untuk membantu seorang wanita agar melahirkan bersama dengan mudah, nyaman, dan menyenangkan?

Nah, pembaca, jawaban singkat untuk pertanyaan rekan aku ini adalah “Bisa”. Ok, jika memang benar hipnosis mampu digunakan untuk membantu sistem persalinan agar seorang wanita tidak kembali merasa sakit kala melahirkan, lalu bagaimana caranya?

Nah, ini yang dapat aku jelaskan di artikel ini. Penjelasan ini terhitung merupakan ringkasan berasal dari jawaban yang aku berikan kepada rekan aku ini. Jujur, kamu tidak dapat mampu melaksanakan hypnobirthing cuma bersama dengan membaca artikel ini. Namun paling tidak kamu dapat mendapat wawasan bagaimana memang seorang hipnoterapis membantu wanita untuk mampu melaksanakan hypnobirthing.




Hypnobirthing adalah kombinasi berasal dari dua kata yaitu hypnosis dan birthing. US. Dept. of Education, Human Services Division mendefiniskan: Hypnosis is the bypass of the critical factor of conscious mind plus followed by the establishment of acceptable selective thinking atau hipnosis adalah penembusan aspek kritis berasal dari anggapan mengetahui dan diikuti bersama dengan diterimanya suatu inspirasi atau pemikian. Sedangkan birthing artinya persalinan atau melahirkan. Jadi, hypnobirthing adalah sistem persalinan yang mengfungsikan dukungan situasi hipnosis.

Pertanyaanya saat ini adalah bagaimana kok mampu wanita yang melahirkan bersama dengan dukungan situasi hipnosis mampu mirip sekali tidak merasakan sakit?

Sebelum aku menjawab pertanyaan di atas aku yang inginkan bertanya kepada anda, “Apakah melahirkan kudu selalu bersama dengan rasa sakit?”, “Mengapa jika wanita melahirkan, umumnya, selalu diikuti oleh rasa sakit yang luar biasa?”

Jawaban untuk pertanyaan pertama, “Melahirkan tidak kudu diikuti bersama dengan rasa sakit”. Untuk pertanyaan kedua, aku kudu menyatakan sedikit lebih detil.

Dari mana munculnya rasa sakit? Dari hasil programming sejak kecil. Saya percaya anda, wanita, tentu pernah mendengar, sejak kamu masih kecil, bahwa melahirkan adalah pengalaman yang begitu menakutkan dan menyakitkan. Anda bisa saja mendengar perihal ini berasal dari orangtua, rekan, fasilitas masa, lingkungan anda, atau menyaksikan di televisi bagaimana menderita dan sulitnya sistem persalinan.

Saat apa yang kamu dengar dan menyaksikan ini masuk ke anggapan bawah mengetahui kamu maka informasi ini menjadi program yang dapat menentukan realita anda. Jadi, kala anda, wanita, berkenan melahirkan dan mengalami kontraksi yang pertama, maka terhadap kala itu program “kalau melahirkan tentu sakit sekali” langsung bekerja.

Apa yang terjadi? Benar sekali. Anda dapat merasakan sakit yang luar biasa.

Mengapa kok mampu hingga timbul rasa sakit?

Rasa sakit terlihat sebab wanita yang berkenan melahirkan merasa tegang dan takut, akibat sudah mendengar beragam cerita seram seputar melahirkan. Perasaan ini setelah itu membawa dampak jalur lahir (birth canal) menjadi mengeras dan menyempit. Nah, terhadap kala kontraksi alamiah mendorong kepala bayi untuk merasa melalui jalur lahir, berjalan resistensi yang kuat. Ini yang membawa dampak rasa sakit yang dialami seorang wanita.

Lha, bagaimana tidak sakit. Bayi, bersama dengan dorongan kontraksi alamiah, selayaknya mampu bersama dengan mudah, lancar, dan mulus, melalui jalur lahir dan terlihat bersama dengan mudah, mendapat rintangan sebab jalur lahir menyempit dan tegang. Semakin si wanita merasa tegang dan takut, makin kaku dan menyempit jalur lahirnya, dan makin sakit jadinya.

Sekarang kamu mengetahui mengapa wanita jika melahirkan biasanya mengalami “penderitaan” dan rasa sakit.

Lalu, bagaimana hipnosis mampu membantu perihal ini? Mudah saja. Berikut adalah langkah-langkah yang kudu ditunaikan untuk melaksanakan hypnobirthing.

Pertama, hipnoterapis kudu melaksanakan re-edukasi terhadap calon ibu ini. Melahirkan tidak kudu bersama dengan rasa sakit. Tubuh wanita didesain untuk mampu melahirkan tanpa rasa sakit. Rasa sakit terlihat sebab sebab-sebab yang sudah dijelaskan di atas.

Wanita di pedalaman Cina dan lebih dari satu daerah di India mampu melahirkan bersama dengan benar-benar ringan dan mirip sekali tanpa rasa sakit. Wanita hamil, di daerah itu, yang tengah bekerja di sawah, jika melahirkan, cuma kudu berteduh, jongkok sebentar, dan melahirkan bersama dengan begitu mudah. Bayi terlihat bukan sebab dorongan tetapi sebab tarikan gravitasi bumi. Setelah melahirkan, mereka cukup istirahat sejenak, kira-kira 5 hingga 10 menit. Setelah itu mereka kembali bekerja seperti biasa.

Mengapa mereka mampu seperti ini? Karena inilah realita persalinan yang dikenal oleh warga di daerah ini. Inilah program cara melahirkan yang mereka dapatkan sejak kecil. Dan sama juga seperti itulah yang mereka alami.

Setelah melaksanakan reedukasi maka hipnoterapis melaksanakan cara selanjutnya. Apa itu?

Kunci berasal dari hypnobirthing memang adalah self hypnosis yang kudu ditunaikan oleh wanita yang dapat melahirkan, tentunya bersama dengan dukungan hipnoterapis kompeten, untuk mampu masuk ke situasi hipnosis yang benar-benar dalam, dan mengaktifkan program yang diinstal oleh si hipnoterapis, yang dapat aktif kala wanita ini dapat melahirkan.

Hipnoterapis dapat membantu klien untuk masuk ke situasi hipnosis yang benar-benar dalam. Ini syarat mutlak. Istilah teknisnya adalah profound somnambulism. Selanjutnya klien kudu mampu menggapai level Esdaile.

Mengapa kudu benar-benar dalam? Karena kala masuk ke situasi yang benar-benar dalam, anggapan bawah mengetahui benar-benar reseptif menerima beragam sugesti, terhitung sugesti bahwa fisik klien menjadi begitu rileks dan nyaman. Selain itu, kala sukses menggapai level Esdaile maka berjalan anestesi spontan dan natural.

Setelah sukses membimbing klien masuk ke situasi hipnosis yang dibutuhkan, hipnoterapis mengimbuhkan sugesti bahwa tubuh klien begitu rileks dan nyaman, seluruh otot-otot tubuh menjadi begitu lemas dan nyaman. Sugesti tubuh klien rileks punya tujuan untuk membawa dampak jalur lahir menjadi begitu rileks dan ringan meregang mengimbuhkan jalur terlihat bagi bayi.

Selanjutnya hipnoterapis membimbing klien masuk situasi Esdaile untuk melatih klien menghasilkan anestesi spontan dan natural.

Setelah sukses melaksanakan perihal di atas hipnoterapis menempatkan anchor dan mengimbuhkan posthypnotic suggestion dan menghendaki klien untuk berlatih masuk dan terlihat situasi deep hypnosis, di rumah, sedikitnya 10 kali per hari.

Pada sesi seterusnya hipnoterapis dapat menguji hasil latihan klien ini. Bila klien melaksanakan latihan bersama dengan benar maka klien tentu mampu masuk bersama dengan benar-benar cepat dan didalam ke situasi very deep hynosis bersama dengan mengaktifkan anchor yang sudah dipasang.

Hipnoterapis lalu menguji anestesi spontan yang terlihat akibat klien menggapai situasi Esdaile. Anestesi ini berjalan di seluruh tubuh. Jika klien lolos uji ini maka hipnoterapis melanjutkan bersama dengan melatih klien melokalisir anestesi yang sudah sukses klien ciptakan, terbatas cuma terhadap wilayah tubuh merasa berasal dari sama juga di bawah lipatan payudara hingga ke pertengahan paha, pada pangkal paha dan lutut.

Setelah klien sukses dibimbing melokalisir wilayah anestesi, dan bersama dengan diberikan lebih dari satu sugesti tambahan, klien boleh pulang dan berlatih sepanjang 1 minggu lagi.

Minggu seterusnya kembali hipnoterapis dapat melaksanakan uji hasil latihan minggu sebelumnya. Bila klien sukses melaksanakan seluruh yang diajarkan bersama dengan sempurna maka ia siap untuk melaksanakan hypnobirthing. Hipnoterapis setelah itu mengimbuhkan lebih dari satu posthypnotic suggestion yang berhubungan bersama dengan kecepatan pulih, kapan pendarahan berhenti, produksi ASI, dan hal-hal lain yang dirasa perlu.

Mengapa kudu mengfungsikan anchor untuk mengaktifkan program rileksasi?

Wanita jika sudah panik atau sakit dapat benar-benar susah diminta rileks. Jadi, untuk mudahnya begitu wanita mengalami kontraksi pertama maka ia mampu bersama dengan mengetahui mengaktifkan anchor yang sudah dipasang dan sudah ia latih sekian lama. Begitu anchor diaktifkan maka ia dapat langsung masuk ke situasi rileksasi fisik dan anggapan yang begitu dalam, nyaman, dan menyenangkan.

Pada kala itu tubuh dan pikirannya siap untuk persalinan. Tubuh yang rileks, jalur lahir yang rileks membawa dampak sistem persalinan menjadi begitu mudah. Anestesi yang sudah dilatih, yang dilokalisir pada lipatan payudara dan paha, membawa dampak wanita mirip sekali tidak merasa apa-pun di wilayah ini.

Apakah kudu mendorong bayi keluar? Tidak perlu. Saat tubuh benar-benar rileks kontraksi alamiah dapat mendorong bayi bersama dengan ringan tanpa kudu dipaksa. Wanita mendorong bayi terlihat sebab melawan resistensi akibat jalur lahir yang tegang dan menyempit.

Setelah mendengar jawaban ini rekan aku bertanya, “Apa bedanya teknik yang Bapak jelaskan bersama dengan yang ditulis di buku Hypnobirthing?”

Saya memiliki lebih dari satu buku perihal melahirkan tanpa rasa sakit. Khusus di Indonesia ada dua judul. Yang satu adalah terjemahan berasal dari buku luar negeri dan yang satu kembali ditulis oleh penulis didalam negeri. Saya tidak mampu komentar perihal apa yang dijelaskan di buku-buku ini.

Pemahaman setiap orang perihal hypnobirthing tentunya tidak sama bergantung terhadap latar belakang pendidikan dan pelatihan mereka. Dan yang aku jelaskan di sini adalah apa yang aku pahami sebagai hypnobirthing berdasar pengetahuan dan pembelajaran yang aku dapatkan.

Jika mengfungsikan acuan penjelasan aku di atas maka prosedur hypnobirthing kudu ditunaikan oleh tiga pihak. Pertama, oleh seorang hipnoterapis kompeten. Ini untuk melatih klien masuk situasi profound somnambulism dan Esdaile. Selanjutnya hipnoterapis dapat melatih dan mengimbuhkan beragam sugesti pascahipnosis yang sesuai, plus tentunya menempatkan anchor.

Kedua, klien itu sendiri. Klien kudu bersedia melaksanakan apa yang diajarkan oleh hipnoterapisnya. Klien kudu bersedia berlatih di rumah cocok program yang sudah disusun oleh hipnoterapisnya. Hasil latihan ini yang nantinya dapat digunakan kala melahirkan.

Ketiga, setelah klien sukses melaksanakan seluruh yang diajarkan oleh hipnoterapis maka sistem persalinan adalah urusan dokter yang membantu persalinan.

Pengalaman aku sebagai seorang hipnoterapis membuktikan bahwa dibutuhkan pemahaman yang mendalam perihal cara kerja pikiran, teknik induksi yang sesuai, cara menempatkan posthypnotic suggestion, menempatkan anchor, dan latihan untuk mampu membawa klien masuk situasi very deep hypnosis. Dan ini tidak mampu dipelajari cuma didalam kala 1 atau 2 hari saja.

Adi W. Gunawan, lebih dikenal sebagai Re-Educator plus Mind Navigator, adalah ahli pendidikan dan mind technology,pembicara publik, dan trainer yang sudah bicara di beragam kota besar di didalam dan luar negeri. Ia sudah menulis dua belas best seller “Born to be a Genius”, “Genius Learning Strategy, Manage Your Mind for Success”, “Apakah IQ Anak Bisa Ditingkatkan?”, “Hypnosis – The Art of Subcsoncsious Communication”, “Becoming a Money Magnet”, “Kesalahan Fatal didalam Mengejar Impian”, dan “Hypnotherapy: The Art of Subconscious Restructuring”, “Cara Genius Menguasai Tabel Perkalian”, “Kesalahan Fatal Dalam Mengejar Impian 2, dan “Five Principles to Turn Your Dreams Into Reality”, dan The Secret of Mindset . Adi mampu dihubungi melalui e-mail adi@adiwgunawan.com dan www.adiwgunawan.com , www.QLTI.com.

Sumber Lain klik sini

Share this

Tag : , , , ,

0 Comment to "Melahirkan Dengan Mudah,Dengan Cara Hypno-Birthing"

Post a Comment