Wednesday 2 July 2014

KELELAHAN


Setiap orang pernah merasa lelah namun jika Anda kerap merasa lelah atau rasa lelah malah menjadi lebih parah, maka itu bisa menjada pertanda bahwa Anda memiliki masalah kesehatan yang tidak bisa dianggap enteng.


Anemia defisiensi besi adalah salah satu penyebab medis mengapa Anda kerap merasa lemas. Menyerang sekitar satu dari 20 pria dan perempuan pascamenopause, sebagian besar terjadi pada perempuan hamil dan mereka yang mengalami mens, terlebih jika mereka mengalami mens besar.
Penyakit ini bisa didiagnosis melalui uji darah. Mengonsumsi makanan yang kaya zat besi, seperti daging merah, kerang-kerangan, sereal yang mengandung zat besi atau suplemen yang mengandung zat besi bisa meredakan penyakit ini.



Jika rasa lelah Anda berlangsung selama enam bulan atau lebih dan begitu akut hingga Anda tidak dapat melakukan rutinitas Anda, maka penyebabnya bisa jadi sindrom lelah akut (atau dikenal sebagai myalgic encephalopathy atau ME). Disertai dengan rasa lelah yang terus-menerus dan tanpa sebab, gejalanya meliputi sakit tenggorokan atau nyeri otot dan sakit kepala.
Tidak ada pengujian untuk mengetahui apakah Anda mengidap ME atau tidak namun ada panduan bagi dokter untuk mendiagnosisnya. Karena tidak ada obat untuk sindrom ini,maka solusi untuk mengatasinya adalah dengan mengubah pola hidup Anda



Ini adalah jenis penyakit alergi makanan di mana tubuh salah menduga jika gluten menganggu tubuh, gangguan ini merusak jaringan usus. Bagi penderita celiac, meski hanya mengonsumsi sejumlah kecil gluten (seperti yang terkandung dalam roti, cake dan pasta) bisa menyebabkan kelelahan yang disertai kembunga, diare, mual, nyeri otot dan sakit kepala.
Gangguan ini dapat didiagnosisi melaui pengujian darah. Tidak ada obat untuk penyakit ini,satu-satunya cara yang dapat Anda lakukan adalah mengikuti diet bebas gluten secara ketat.


Apnea tidur adalah kondisi saat tubuh seseorang berhenti bernapas di saat antara sedang mengorok keras. Kondisi ini terjadi ketika aliran udara mengecil atau tertutup sama sekali, menyebabkan paru-paru tidak mendapatkan oksigen. Ketika otak mendeteksi bahaya rendahnya tingkat oksigen, secara otomatis otak akan membangunkan si penderita, sehingga orang tersebut bisa kembali bernapas.
Kondisi ini biasanya melanda mereka yang memiliki kelebihan berat badan, orang paruh baya, mereka yang memiliki risiko penyakit stroke, penyakit kardioviskular dan hipertensi. Bagi para penderita gangguan ini biasanya ditandai dengan rasa lelah pada keesokan harinya. Gangguan ini dapat diatasi dengan alarm napas serta pola hidup sehat.


Orang-orang yang memiliki kelenjar tiroid yang tidak begitu aktif memiliki hormon tiroid (tiroxin) yang sangat sedikit, yang menyebabkan rasa lelah. Gejala lainnya meliputi naiknya berat badan, sakit otot, depresi, rasa sensitif pada udara dingin dan panas serta kulit dan rambut yang kering.

Kondisi ini umumnya terjadi pada perempuan dan semakin bertambah usia Anda maka semakin besar risiko Anda terkena gangguan ini. Dokter Anda bisa mendiagnosis kondisi ini dengan melakukan pemeriksaan darah. Gangguan ini bisa diatasi dengan mengonsumsi tablet hormon setiap hari


Salah satu gejala diabetes adalah rasa letih yang disertai dengan rasa haus dan sering buang air kecil. Diabetes tipe 2 diidentikkan dengan obesitas dan kerap menyerang orang lanjut usia. Diabetes tipe 1 sangat jarang terjadi dan melanda saat sistem kekebalan tubuh menyerang dan menghancurkan sel-sel yang memproduksi insulin. Penyakit ini biasanya muncul pada usia 40 tahun, bahkan kerap terjadi di usia remaja.
Diabetes bisa didiagnosis dengan pengujian darah. Suntikan insulin dan pola makan sehat bisa membantu meredakan penyakit ini.


Infeksi yang kerap melanda ini menyebabkan rasa lelah yang disertai dengan demam, sakit tenggorokan dan pembengkakan kelenjar keringat. Kasus ini sebagia besar terjadi saat remaja dan paruh dewasa. Penyakit ini menyebar melalui saliva dan bisa menular lewat ciuman, terpapar batuk dan bersin atau menggunakan benda yang sama seperti cangkir.
Meski sebagian besar gejala ini bisa sembuh dalam waktu empat sampai enam pekan, rasa lelah bisa berlangsung selama beberapa bulan. Penyakit ini bisa didiagnosis melalui pemeriksaan fisik dan uji darah. Obat pereda nyeri biasanya diresepkan untuk meredakan rasa nyeri dan mengurangi demam.

Depresi tidak hanya membuat Anda merasa sedih. Depresi juga dapat menyebabkan gangguan fisik seperti sakit dan nyeri hingga rasa lelah. Orang yang mengalami depresi kerap merasa tidak bertenaga dan merasa sulit tidur atau sering bangun saat malam.
Depresi dapat diatasi dengan mengubah pola hidup, melalui pengobatan serta konsultasi dengan terapis.


Sama seperti depresi, rasa cemas bisa menggangu tidur Anda. Jika Anda merasa rasa cemas Anda sudah tidak dapat dikendalikan maka dokter kemungkinan akan mendiagnosis Anda dengan gangguan kecemasan umum (atau GAD). Gejalanya meliputi sulit tidur, rasa cemas berlebih dan sulit berkonsentrasi.


Restless legs syndrome adalah kondosi umum yang memengaruhi sistem saraf. Para pengidap sindrom ini merasakan hal yang tidak nyaman pada kaki mereka, bahkan merasa seperti ada yang merayap atau menjalar pada kaki mereka dan membuat mereka sulit tidur. Keinginan untuk terus menggerakkan kaki, rasa nyeri, atau kaki yang bergerak sendiri secara tiba-tiba dapat menganggu tidur Anda serta membuat Anda merasa lelah.
Gangguan ini bisa diatasi dengan perubahan pola hidup atau pengobatan meski demikian hal itu bergantung pada tingkat keparahan gejalanya



Multiple sclerosis (MS) adalah kondisi autoimun yang memengaruhi sinyal saraf pada otak dan tulang belakang, menimbulkan banyak gejala, dari gangguan otot hingga kehilangan daya lihat (biasanya pada salah satu mata) serta kelelahan akut.
Proses diagnosis MS sangat rumit dan membutuhkan rujukan dari ahli syaraf. Meski belum ada obat untuk penyakit ini namun perawatan serta fisioterapi bisa menjadi solusi untuk mengatasi gangguan ini.


 Sumber ==>http://gayahidup.plasa.msn.com/sehat-dan-bugar/11-masalah-medis-penyebab-kelelahan#image=12

Share this

Tag : , ,

0 Comment to "KELELAHAN"

Post a Comment